SISTEM INFORMASI MANAJEMEN
- Pengertian Sistem
Pengertian sistem secara umum adalah suatu paduan yang terdiri dari
beberapa unsur yang tergabung satu sama lain agar mempermudah laju
aliran informasi, energi ataupun materi hingga dapat mencapai tujuan
tertentu.
Sistem dapat dijumpai di dalam bidang ilmu apa pun karena menjadi
cara menggambarkan interaksi suatu set entitas yang paling mudah.
Termasuk membuat suatu model matematika yang rumit menjadi lebih
sederhana.
Tak hanya itu, sistem juga menjadi unsur perpaduan dari bagian-
bagian yang terpisah agar saling berkaitan dan berhubungan dalam satu
wilayah. Misalnya pada suatu negara.
Agar suatu negara yang memiliki wilayah luas dapat terhubung dan menjadi kesatuan, dibutuhkan sistem negara.
2. Pengertian Informasi
Informasi adalah pesan (ucapan atau ekspresi)
atau kumpulan pesan yang terdiri dari order sekuens dari simbol, atau
makna yang dapat ditafsirkan dari pesan atau kumpulan pesan. Informasi dapat direkam atau ditransmisikan.
Pengertian Informasi Menurut Jogiyanto HM., (1999: 692), “Informasi dapat didefinisikan
sebagai hasil dari pengolahan data dalam suatu bentuk yang lebih
berguna dan lebih berarti bagi penerimanya yang menggambarkan suatu
kejadian – kejadian (event) yang nyata (fact) yang digunakan untuk
pengambilan keputusan.
5. Pengertian Manajemen
Manajemen ialah sebuah seni untuk mengatur sesuatu, baik orang ataupun pekerjaan. Pengertian manajemen adalah sebuah proses
yang dilakukan untuk mencapai sebuah tujuan suatu organisasi dengan
cara bekerja dalam team. Dalam sebuah penerapannya manajemen memiliki
subyek dan obyek. Subyek adalah orang yang mengatur sedangkan obyek
adalah yang diatur.
4. Pengertian Data
Data ialah sesuatu yang belum mempunyai arti bagi penerimanya dan
masih memerlukan suatu pengolahan. Data bisa berwujud suatu keadaan,
gambar, suara, huruf, angka, matematika, bahasa ataupun simbol-simbol
lainnya yang bisa kita gunakan sebagai bahan untuk melihat lingkungan,
obyek, kejadian ataupun suatu konsep.
Dalam kehidupan banyak sekali hal-hal yang terjadi, keanekaragaman
kejadian dari kehidupan setiap orang berbeda-beda sehingga cara pandang
setiap orang terhadap kejadian tersebut pun berbeda-beda (sesuai dengan
apa yang menjadi prinsip dan standar atau tolak ukurnya).
Di dalam dunia IT (Information Technology) pun sama,
kesimpulan terhadap sesuatu yang dianalisa mungkin berbeda tetapi hal
itu dapat diminimalisir dan dihilangkan selama apa yang menjadi
pedomannya pun sama.
Dalam dunia IT dan kebutuhan yang disesuaikan, ternyata banyak sekali
kejadian yang jika kita pandang untuk kemajuan teknologi dan komunikasi
dapat dibuat prosedur dan aturan yang sama sehingga informasi yang
dibutuhkan dari suatu kasus akan sama. Biasanya dalam dunia IT yang
menjadi permasalahan adalah kasus-kasus yang sering terjadi dan untuk
penyelesaiannya masih dengan prosedur yang manual. Beberapa contoh kasus
yang terjadi dibeberapa tempat, seperti pengelolaan data administrasi,
pengelokaan data perpustakaan (sudah banyak yang tidak manual), dan
lain-lain. Untuk mengatasi beberapa contoh kasus diatas diperlukan data
dan informasi yang dibutuhkan.
Komentar
Posting Komentar